Selasa, 24 September 2013

Pengaruh Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Indomie di Bandung

oleh : Athika & Kanaidi - 2012
(Publikasi pada : Promark, Jurnal Bisnis dan Pemasaran, Vol.  4, No. 1, Juni 2013 ISSN : 2087-3077)
ABSTRAK
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk merupakan salah satu perusahaan mie instan yang terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1971 di Jakarta. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini salah satunya adalah Instan noodles. Kemasan pada produk bukan saja berfungsi sebagai pembeda antara satu produk dengan produk lain yang sejenis, tetapi juga sebagai daya tarik suatu produk. Tampilan kemasan produk yang menarik dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk.
Tujuan penelitian ini adaah untuk mengetahui pengaruh kemasan terhadap keputusan pembelian pada produk indomie dan sub variabel dari kemasan yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian.
Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu dengan cara penyebaran kusioner kepada masyarkat Sarijadi yang menggunakan produk indomie dan data sekunder yang diperoleh dari buku, literatur, atau jurnal. Pada penelitian ini mengunakan teknik sampling aksidental. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi, regresi linear, dan uji hipotesis secara simultan dan parsial.
Berdasarkan hasil penelitian didapati bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kemasan produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Sub variabel dari kemasan produk yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian adalah tulisan pada kemasan. Untuk itu disarankan manajemen PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk untuk mengembangkan desain kemasan produk lebih baik lagi dan lebih memperhatikan tulisan pada kemasan, seperti tanda expired dan komposisi/komponen isi kandungan produk.
Kata kunci : kemasan, keputusan pembelian  . . . . .(baca_selengkapnya )

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar